Cara Menghitung Biaya Cicilan KPR Yang Benar dan Mudah


Ingin punya Rumah baru murah dengan sistem pembayaran KPR di Pondok Cabe, Cirendeu, Cinere, Ciputat dan Sekitanya? ketahui dulu tips dan trik cara menghitung KPR Yang benar agar tidak keliru dalam perhitungan budget anda.

Dalam Menggunakan Fasilitas KPR Dari Bank Konvensional ataupun Syariah, anda harus benar benar tepat dan teliti, jangan sampai salah perhitungan karena akibatnya bisa bikin cicilan KPR jadi tidak lancar. Untuk itu simak tips menghitung cicilan KPR untuk milenial berikut ini.

Pada umumnya bank mematok nominal cicilan per bulan tak lebih dari 30% dari total penghasilan. Jika sudah menikah dan pasangan juga bekerja jumlah cicilannya bisa lebih besar karena bisa joint income. Kebijakan ini diambil demi kepentingan nasabah sendiri, agar sisa penghasilan bisa digunakan untuk keperluan hidup lain. 
Besarnya cicilan KPR ditentukan dari besarnya uang muka dan jangka waktu KPR. Bila Anda ingin mendapat plafon kredit tinggi dengan cicilan rendah, bayarlah uang muka dengan nilai besar. Asumsinya dengan jangka waktu tetap: makin besar uang muka, makin kecil pula cicilannya. 

Jika tak mampu membayar uang muka dengan jumlah besar, tetapi ingin cicilan tetap rendah, pilihlah KPR dengan jangka waktu panjang. Saat ini banyak bank yang memberikan jangka waktu cicilan (tenor) KPR selama 20 tahun, cocok bagi Anda yang termasuk generasi milenial. Akan tetapi perlu diingat, semakin panjang jangka waktu cicilan, makin banyak pula uang yang harus Anda bayarkan.

Misalnya nilai KPR yang hendak diajukan Rp200 juta dengan bunga efektif 12% per tahun. 

Jika Anda mengambil KPR berjangka waktu lima tahun, Anda perlu mencicil pokok plus bunga sebesar Rp 4.448.889 per bulan. Itu berarti total uang yang harus Anda setor ke bank sebesar Rp266.933.340.

Apabila jangka waktu kredit diperpanjang menjadi 10 tahun, cicilan per bulan hanya sekitar Rp2.869.418. Tetapi, coba hitung dengan teliti, berapa banyak total uang yang harus dibayarkan ke bank. Jumlahnya bisa mencapai Rp344.330.160 (hampir 150%).

Tapi ada beberapa hal lain yang harus diingat. 

Pada awal transaksi, selain menyiapkan pembayaran atas uang muka, Anda juga harus memperhitungkan ongkos-ongkos lain, seperti cicilan KPR pada bulan pertama, pajak, biaya notaris, provisi, kredit, asuransi, hingga bea balik nama yang nominalnya juga tidak sedikit.

Hanya Casa Delia Residence yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Contact

Talk to us

Silakan Kunjungi Lokasi Kami di :

Address:

Jl. Cabe III, Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan

Work Time:

Monday - Sunday from 08.00 - 17.00

Phone/Whatsapp:

0813 1955 0436